Blog Ini Berisi Tentang Pengembangan Diri, Tips And Trik Dan Tehnik CEO

Breaking

Search This Blog

Friday 28 July 2017

CARA MUDAH MENGATASI KOMPUTER ATAU LAPTOP YANG SLOW RESPON

Assalamu alaikum teman teman, Kali ini saya akan memberikan beberapa tips mengatasi Komputer atau PC yang Slow Respon, namun, sebelum itu saya akan memberi tau apa sih penyebab Komputer yang slow respon? Jawabannya ada 4 faktor penyebab sehingga Komputer anda slow respon, apa saja sih 4 faktor itu, yang pertama Program, program dalam komputer kalau diumpamakan seperti penumpang dalam angkot, semakin banyak penumpang dalam angkot semakin lambat angkot ketika berjalan apalagi kalau mendaki. Nah, program-program seperti Office, Adobe Reader ini bisa dianalogikan sebagai penumpang dalam angkot itu. Yang kedua driver. Driver adalah sebuah sofware yang menghubungkan hadware dengan komputer, jika driver sudah usang atau tidak terinstall, maka kemungkinan komputer akan kehilangan setengah kecepatan-normal. Yang ketiga,Data pada Hardisk berantakan atau biasa dikenal dengan istilah Cluterred disk, Hardisk anda mungkin penuh atau memiki data yang tidak menempati ruangan yang saling berdekatan pada Hardisk, permasalah ini sering disebut fragmentasi. Yang keempat atau yang terakhir penyebabnya adalah kepanasan, hal ini disebabkan karna pemakaian komputer yang terlalu lama. Maka potensi untuk terjadinya Overheating bisa saja terjadi. Itulah beberapa faktor penyebab komputer lambat atau slow respon, Nah, Adapun cara mengatasinya sebagai berikut :

1. Hindari program yang membuat lambat
Anda harus teliti melihat kira kira program apa yang membuat komputer anda slow respon atau lambat, lalu menyingkirkannya, nah adapun caranya yaitu klik kanan pada taksbar windows 7 atau 10 dan klik task manager , klik startup dan lihat daftar aplikasi yang ada. Daftar ini meliputi berbagai program yang berjalan secara otomatis, saran saya matikanlah program yang tidak anda butuhkan tersebut, atau ketika anda menemukan program yang tidak anda butuhkan, sebaiknya uninstall aja.

2. Perbarui driver yang usang 
Driver yang paling berdampak pada komputer yaitu chipset dan kartu grafis, kartu grafis merupakan komponen hadware yang menghasilkan tampilan yang anda lihat dilayar komputer dan chpset berfungsi untuk adanya komunikasi antara memori, hardisk, dan prosesor. ada pun cara memperbaruinya driver yang usang pastikan anda memastikan hadware apa yang diniliki melalaui Device Manager. Cranya, klik kanan pada start dan pilih Device Manager, selanjutnya, buka kartu grafis melalui menu Display adapter

3. Melakukan defrag atau bersih-bersih komputer
Proses seperti instalasi, Uninstall, Menyalin, dan memindahkan banyak data dapat membuat susunan data menjadi berantakan. Semakin data tersebar atau mengalami fragmentasi maka semakin lama komputer mencari dan membaca clusher dimana proses membuka file atau folder akan terasa lebih lama dari waktu kewaktu. Nah, untuk memperbaikinya, anda harus defrag pada harddisk. Klik star, ketik defrag dan klik hasil pencarian untuk menjalankan program yang akan melakukan defragmentasi semua cluster.

4. Langkah yang terakhir buka casing komputer
Cara ini bisa dilakukan dengan membongkar dan membersihkan debu yang menumpuk didalam. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan lancar.

1 comment: